Jumat, 18 Agustus 2017

Alasan Dibalik Air Laut Terasa Asin&Berwarna Biru?

Jakarta, On The Spot Lovers Selamat Siang Bobat Blogger, Kali ini saya akan membahas tentang Alasan Dibalik Air Laut terasa Asin jika tertelan? Apa karena ada membuang garam terlalu banyak di lautan? dan mitos- mitos lainnya? dan juga kenapa Air laut yang sering kita liat di TV maupun secara langsung memiliki warna Biru? padahal jika kita ambil di gelas berwarna putih? Berikut penjelasannya secara ringkas:


Laut Banda [Source]
1. Alasan Dibalik Air Laut Yang Terasa Asin Disebabkan oleh: Berdasarkan penelitian yang dilakukan menjelaskan bahwa sebenarnya rasa asin yang terdapat di laut atau lautan berasal dari darat. Pasti heran bukan?
Iya benar rasa asin yang dimaksudkan dari daratan adalah karena air Hujan yang mengikis batu - batuan yang mengandung banyak macam mineral dan garam tersebut akhirnya berkumpul di laut setelah melewati sungai- sungai yang ada di daratan tentunya.  Selanjutnya air laut menguap dan membentuk sekumpulan awan di langit , pada proses penguapan ini garam yang terdapat di laut tidak ikut menguap tapi tetap berada di laut/ lautan. Lalu akan terjadi hujan lagi di daratan dan proses siklus hujan yang membawa banyak mineral menuju lautan akan terjadi terus menerus hingga jutaan tahun. Itulah penyebab kenapa air laut selama ini memiliki rasa asin yang tidak pernah hilang.
Tmbang Garam [Source]



Sumber Vidio: Youtube


2. Alasan Dibalik AIr Laut/Di Lautan Berwarna Biru? 
Air di Laut atau lautan sebenarnya tidak memiliki warna alias bening. Lalu??? kenapa bisa terlihar biru ketika kita sedang melihatnya dari kejauhan atau ketika berada dilautan? Hal itu disebebkan oleh karena air tersebut menyerap cahaya dan mengrefleksikannya, terjadi 2 ilusi optik dari kejadian ini yang pertama adalah penyerapan ( absorption ) dan hamburan (Scattering).

Pada saat matahari menyentuh air jernih, cahaya merah dan Infra merah terserap dengan cepat, sedangkan cahaya biru agak lambat. Hanya cahaya biru kehijauan yang dapat di transmisikan ke dalam, Kemudian di tebarkan dan di transmisikan tanpa diserap kembali. Jadi karena cahaya biru kehijauan yang dapat ditransmisikan menjadi penyebab utama alasan dibalik air laut atau lautan berwarna Biru.

Selain itu , kadar garam dalam laut juga menentukan tingkat kebiruan air laut. Semakin banyak kadar garam pada latan makan semakin gelap warna birunya.Pantulan warna langit juga menyebabkan warna biru pada langit tapi pengarugnya sangat kecil. Source : Wikipedia.co.id

Sekian penjelasan dari saya mengenai Air laut kenapa terasa asin dan berwarna biru. Sekarang Gan/Sist gak penasaran lagi toh mengenai topik Di atas.hehe. Terima kasih telah mengunjungi blog saya :) Senang Berbagi. Jangan Bosan balik lagi Yoo!!!


Sumber keseluruhan : Alasan dibalik Air Laut Terasa Asin dan Berwarna Biru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)