Sabtu, 28 November 2015

10 danau Terdalam Di Indonesia versi OTS Lovers

Siang Sahabat Blogger, Siang Ini saya akan menjelaskan danau terdalam Di Indonesia.Sebelum itu pengertian Danau adalah sejumlah air ( Tawar atau Asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga,dal lain sebagainya. Danau juga merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan,sedangkan waduk adalah danau buatan yang dibuat oleh menusia untuk keperluan Irigasi dan lain sebagainya. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. 

Berikut ini adalah 10 danau terdalam di Indonesia Versi On The Spot Lovers:

10. Waduk Gajah Mungkur-JATENG (136M)

Danau Gajah Mungkur


Adalah sebuah waduk yang terletak sekitar 3 Kilometer dari jantung Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Waduk Gajah Mungkur ini merupakan perairan buatan yang dibuat dengan membendung sungai Bengawan Solo dan mulai dibangun pada akhir tahun 1970. Waduk ini mulai dibuka pada tahun 1978 dengan luas 8.800 hektar yang meliputi 7 kecamatan dan mampu mengirigasi sawah seluas 23.600 di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen. Selain untuk memenuhi kebutuhan pengairan, Waduk Gajah Mungkur juga digunakan sebagai PLTA dengan kekuatan hingga 12,4 Mega Watt serta untuk memasok kebutuhan air minum seluruh kota Wonogiri.

9. Danau Maninjau-SumBar(169M) 
Danau Maninjau
Terletak di kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam, Sumatera Barat, danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang terletak di ketinggian 461,50 mdpl. Memiliki luas sekitar 99,5 km2 dengan kedalaman mencapai 169 m. menurut kepercayaan legena setempat, cekungannya terbentuk karena letusan gunung Sitinjau, hal ini dilihat dari bentuk bukit di sekeliling danaunya yang sepert dinding. 

8. Danau Segara Anak
Danau Segara Anak
Bagi para pecinta alam yang sering melakukan ekspedisi ke gunung- gunung di Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan Danau Segara Anak ini. Merupakan danau kawah di Gunung Rinjani, desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Terletak di ketinggian 2.000 mdpl, danau ini memiliki banyak sekali jenis ikan yang memang dikembangbiakkan oleh pemerintah setempat untuk menambah daya tarik tersendiri bagi para pendaki yang pasti melintasi Danau Segara Anak ini sebelum sampai ke puncak gunung Rinjani. Pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan luar maupun dalam negeri berdatangan dan mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan keindahan Danau tersebut. 

7. Danau Towuti-SulSel (203M)
Danau Towuti

Danau Towuti adalah sebuah danau yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Secara administratif, danau ini terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan Danau Towuti merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Danau Towuti, yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan, di bawah Departemen Kehutanan Republik Indonesia, dengan kedalaman maksimum 203 meter. Danau Towuti yang luasnya 56.000 Ha terdapat di wilayah Kompleks Malili, Sulawesi Selatan dan merupakan danau tektonik yang oligotrofik. Danau ini telah ditetapkan sebagai kawasan Taman Wisata Alam berdasarkan keputusan Mentan No. 274/Kpts/Um/1979. Meskipun sudah ditetapkan sebagai kawasan Taman Wisata Alam, danau yang luas ini juga digunakan untuk berbagai keperluan antara lain PLTA, perikanan tangkap, navigasi, ekowisata dan sumber air untuk kebutuhan domestik.

6. Danau Ranau-Sumsel (229M) 
Danau Ranau

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Propinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar, dengan kedalaman maksimum 229 meter. Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk. 

5. Danau Singkarak-SumBar (268M) 

Danau Singkarak
Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Jika Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera, maka dengan luas sekitar 107,8 km², Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera. Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Air danau ini sebagian dialirkan melewati terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Padang Pariaman. Memiliki kedalaman maksimum sekitar 268 meter.

4. Danau Dibawah - SumBar (309M)
Danau Dibawah
Sumatera memang memiliki banyak sungai yang mampu masuk jajaran sungai terpanjang di Indonesia, serta danau-danau yang mampu menduduki beberapa posisi 10 danau terdalam di Indonesia. Danau Dibawah adalah danau di Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak di 1°0′35″S 100°43′51″E / 1.00972°S 100.73083°E / -1.00972; 100.73083. Danau ini bersama-sama dengan Danau Diatas, yang dikenal sebagai Danau Kembar. Memiliki kedalaman maksimum 309 meter

3. Danau Poso-SulTeng (450M)
Danau Poso
Danau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km. Danau ini terletak pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman maksimum 450 meter. Danau yang tenang dan luas ini tempat peternakan ikan belut , ikan Sidat atau Sogili terbesar di Dunia, bisa sampai 2 mtr, dikelilingi alam perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. Pada saat cengkeh berbunga (bulan Juni hingga November) pohon cengkeh akan mengeluarkan aroma harum bunga cengkeh. Sekitar danau masih dikawasan Desa Tentena, ditemukan Gua yang cukup dalam, sampai ke dasar danau. Disesa Bancea, desa dipesisir pantai danau dapat ditemukan Pelestarian Angrek terbesar di Indonesia yang ditemukan Angrek Hitam yang sangat khas dan hanya ada di daerah ini. Beberapa kilometer dari tentena di temukan Air terjun Salu Opa dan tempat pembuatan Sovenir Kayu Ebony.

2. Danau Toba- SumUt (529M)

Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Memiliki kedalaman maksimum 529 meter. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

1. Danau Matano-SulSel (600M)
Danau Matano

Danau Matano adalah sebuah danau di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesi di kota Sorowaku, Kabupaten Uwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sejauh 600 m (1.969 kaki), 382 meter di antaranya di atas permukaan laut. Menurut WWF, danau ini adalah danau terdalam di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia. Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan. Airnya sangat jernih. Sebagai sumber daya alam yang sangat potensial maka perusahaan tambang nikelterbesar kedua dunia, PT.INCO memanfaatkan buangan air dari Danau Matano sebagai PLTA untuk pemanfaatan di pabrik, dan juga untuk penggunaan oleh masyarakat. Danau Matano sering dijadikan sebagai wisata saat berlibur.

30 komentar:

  1. indah banget pemandangannya ya gan :) jadi pengen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Gan Indonesia emg menyimpan sejuta keindahan. Tapi jaga kebersihan ya gan kalau berwisata

      Hapus
  2. rata2 lebih banyak dari sumatra dan sulawesi ya gan,yang dari jawa kyknya cuman nomer 10

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalau tidak salah sih ya jutaan tahun lalu sebagian jawa itu tenggelam dan gerakan tektonik jdlah jawa seperti sekarang

      Hapus
  3. Ternyata masih banyak pemandangan indah di negara kita yg patut kita syukuri dan juga kita rawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gan benar. biar keindahan Bumi pertimi kita kita hilang di makan zaman

      Hapus
  4. Ternyata masih banyak pemandangan indah di negara kita yg patut kita syukuri dan juga kita rawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gan benar. biar keindahan Bumi pertimi kita kita hilang di makan zaman

      Hapus
  5. whattt...ternyata masih ada danau yg lbh dlm dari danau toba?Danau matano benar-benar indah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi indah bgt. gak kalag deh sm luar negeri.

      Hapus
  6. wah jadi pengen wisata kesana , kalau bisa sekalian nyelam di dasar danau sambil selfie :v

    BalasHapus
  7. Jadi pengen kesana :D...Rekreasi ama keluarga

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Yupz, Indonesia emg dikaruniai alam sm Tuhan Begitu Indah Sist

      Hapus
  9. keren abis nih, Indonesia kaya dengan wisata alamnya..mantap!

    BalasHapus
  10. gila ! dalam banget thanks gan infonya

    BalasHapus
  11. wah keren semua nih danau, jadi pengen libiran :D

    BalasHapus
  12. Terima kasih gan atas infonya hehe :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)