Thursday, 27 August 2015

10 Kota Paling Berpolusi di Dunia



Polusi merupakan hal yang sangat serius yang harus ditanggapi dengan serius juga oleh manusia. Tidak hanya menimbulkan penyakit, polusi juga berdampak terhadap lingkungan sekitar. Beberapa kota berikut ini bahkan hampir seluruh komponen abiotiknya tercemari sehingga sangat sulit untuk hidup sehat pada kota tersebut. Kalu dulu kami pernah membahas tentang fakta tentang polusi, kini kami akan membahas tentang "10 Kota Paling Berpolusi Yang Harus Kamu Hindari Demi Kesehatan Kamu".



1. Dzerzhinks, Rusia
Kota Dzerzhinks terletak di sisi sungai Oka di Nizhny Novgorod Oblast, Rusia. Kota Dzerzhinks diberi nama berdasarkan pemimpin Rusia Feliks Edmundovich Dzerzhinsky. Kota ini merupakan kota penghasil senjata biologis terbesar di dunia, yang mengakibatkan kota ini tercemar karena aktivitas-aktivitas kimia di kota ini. Angka harapan hidup pada kota ini sangatlah rendah, rata-rata usia penduduk di kota ini adalah 40 hingga 50 tahun. 


10 Kota Paling Berpolusi Yang Harus Kamu Hindari Demi Kesehatan Kamu

2. Kabwe, Zambia
Kota terbesar kedua di seantero Afrika Selatan ini merupakan salah satu dengan penambangan timah terbesar di dunia. Hal ini merupakan penyebab utama mengapa kota ini menjadi sangat tercemar. Sebagai akibatnya, seluruh anak-anak di kota ini memiliki kandungan timah yang sangat tinggi dan dapat mengakibatkan kepada kerusakan otak dan saraf pada anak-anak dan janin. Tetapi penduduk kota ini harus bersyukur karena Bank Dunia mengalokasikan dana 40 juta dollar untuk proyek bersih-bersih di kota ini.


10 Kota Paling Berpolusi Yang Harus Kamu Hindari Demi Kesehatan Kamu

3. La Oroya, Peru
Meskipun kota ini merupakan kota terkecil dari kota-kota dalam daftar kota yang paling tercemar di dunia ini. Namun, kota ini merupakan kota yang sangat tercemar dikarenakan adanya penambangan timbal, tembaga dan seng. Di kota ini 99 dari 100 anak memiliki tingkat timbal dalam tubuh yang berada di atas ambang batas. Hal ini mengakibtkan kota ini memiliki tingkat timbal rata-rata 3 kali lebih tinggi dari batas WHO.


10 Kota Paling Berpolusi Yang Harus Kamu Hindari Demi Kesehatan Kamu


4. Linfen, China
Disebut sebagai kota yang paling tercemar di dunia. Kota ini berada di pusat jantung kota Shanxi, provinsi China yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang dibumbui oleh tambang batu bara. Sekitar 3 juta orang penduduk kota ini meminum air yang mengandung arsenik. Yang paling ajaib adalah apabila anda menggantung cucian di kota ini, warna pakaian tersebut akan berubah warna menjadi hitam bahkan sebelum cucian kering. 


10 Kota Paling Berpolusi Yang Harus Kamu Hindari Demi Kesehatan Kamu

5. Norilsk, Rusia
Lagi-lagi penambangan merupakan penyebab utama pencemaran di dunia. Kali ini di kota Norilisk yang merupakan kompleks peleburan logam berat terbesar di dunia. Tidak diketahui pasti berapa jumlah seng, arsenik, timbal, kadmium, selenium, nikel, dan tembaga yang dilepaskan ke udara setiap tahunnya. Pada kota ini anda akan sangat kesulitan untuk menemukan pohon yang hidup di sekitar 30 mil daerah kota tersebut.


10 Kota Paling Berpolusi Yang Harus Kamu Hindari Demi Kesehatan Kamu

6. Sukinda, India


Sukinda adalah daerah tambang kromium terbuka terbesar di India. Zat kromium adalah zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan apabila ditelan dan dihirup. Sementara di kota ini, 60% dari air minum mengandung kromium dua kali lebih banyak daripada standar internasional. Hal ini mengakibatkan jumlah orang yang berpotensi terkena polusi ini adalah 2,4 juta orang yang terancam kesehatannya.



7. Tianying, China

Kota yang merupakan pusat produksi timah terbesar di China ini, dikarenakan pengolahan limbah yang buruk menyebabkan limbah meresap ke perairan dan tanah sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan. Kota yang merupakan salah satu dari kota yang paling tercemar di dunia ini, memiliki sekitar 140,000 warga di daerah ini yang terancam kesehatannya karena beresiko menderita efek kesehatan jangka panjang terutama pada otak.



10 Kota Paling Berpolusi Yang Harus Kamu Hindari Demi Kesehatan Kamu

8. Vapi, India

Vapi merupakan kota yang terletak di daerah perbatasan perindustrian, yang membentang dari seluruh negeri tersebut. Vapi merupakan rumah bagi 50 pabrik yang memproduksi pupuk kimia untuk tanah, produk petrokimia, obat-obatan dan cat. Diperkirakan 71 ribu orang secara langsung dipengaruhi oleh residu kimia dan keracunan logam berat. Tidak main-main, tingkat merkuri dalam sumber air utama di kota ini adalah 96 kali lebih tinggi daripada batas normal.



10 Kota Paling Berpolusi Yang Harus Kamu Hindari Demi Kesehatan Kamu

9. Sumqayit, Alzerbaijan

Kota ini ditetapkan sebagai kota yang paling tercemar oleh Blacksmith Institute pada tahun 2006 silam. Semenanjung di mana kota ini berada, Absheron, dianggap sebagai daerah yang paling tercemar di seluruh Alzerbaijan. Kota ini juga dikenal sebagai kuburan anak-anak yaitu "Pemakaman Bayi", dikarenakan banyaknya bayi yang lahir di kota ini, terlahir dengan kelainan yang parah dan cacat intelektual, dan meninggal di usia dini. Tingkat kematian adalah 50% sementara anak-anak di Sumqayit menderita serangkaian kelainan genetik.



10 Kota Paling Berpolusi Yang Harus Kamu Hindari Demi Kesehatan Kamu

10. Chernobyl, Ukraina

Kota ini merupakan kota yang tak berpenghuni di Ukraina Utara, setelah insiden ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir yang terkenal dengan nama "Insiden Chernobyl" tahun 1985 silam. Karena ditinggalkan kota ini juga dikenal sebagai kota hantu dan merupakan rumah dari berbagai binatang buas dikarenakan tidak ada manusia yang berani untuk memasuki daerah ini. Insiden tersebut mempengaruhi 5,5 juta orang penduduk kota ini yang terancam kanker. Meskipun kini di kota ini sudah terdapat beberapa penghuni, namun tingkat radiasi yang di kota masih dalam keadaan kritis.


10 Kota Paling Berpolusi Yang Harus Kamu Hindari Demi Kesehatan Kamu

No comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)