Wednesday, 11 October 2017

Uniknya Hutan di India yang Bercahaya di Malam Hari

Depok, On The Spot Lovers Selamat Pagi sobat OTS Lovers, Apakah sobat pernah mendengar bahwa ada hutan yang dapat bercahaya pada malam hari di wilayah negara India? Iya Hutan yang bernama Western Ghats ini sangat unik dikarenakan akan bercahaya seperti lampu yang sangat indah.

Hutan Bercahaya di India [Source]
Hal tersebut dibuktikan oleh Neelima Vallangi, penulis dari BBC Travel. Dia memulai perjalanan dari Maharashtra Bhimashankar Wildlife Reserve yang berlokasi 100 Kilo meter dari Kota Mumbai (India). Sebenarnya, tujuannya adalah ingin melihat bagaimana keeksotisan Western ghats.

Begitu dia memperhatikan beberapa batang pohon yang terjatuh dan ada di atas tanah , matanya makin terbelalak. Batang - batang pohon itu bercahaya. Vallangi kaget  bukan terpalang ketika melihat keindahan tersebut. Cahaya yang berwarna hijau benar- benar jelas terlihat  dan menyala bagaikan lampu. Asal muasal cahaya tersebut bukan berasal dari binatang kunang - kunang , tapi cahayanya muncul dari batang pohon.

Hutan bercahaya saat dalam keadaan gelap ini setelah ditelusuri ternyata asal muasal cahaya tersebut berasal dari jamur Bioluminescent. Jamur yang bisa mengeluarkan cahaya berwarna hijau karena reaksi kimia di dalamnya. Jamur ini masuk ke dalam klasifikasi Genus Mycena. Di seluruh dunia terdapat sekitar 500 jenis jamur yang masuk ke dalam genus ini, tapi hanya 33 % saja yang memiliki kemampuan Bioluminescent/ Bercahaya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)