Tuesday, 3 November 2015

Seputar Mimpi

Tahap – Tahap Terjadinya Mimpi



Seseorang bisa bermimpi karena melewati beberapa tahap. Berikut penjelasannya.
Mimpi bisa terjadi dalam lima tahap, 4 tahap berkaitan tentang kepulasan tidur dan tahap ke-5 berhubungan dengan REM (Rapid Eye Movement), yaitu tidur dengan gerakan mata yang cepat. Sewaktu seseorang menutup mata dan mencoba untuk merilekskan badan untuk dapat memasuki kondisi tidur, pada saat itu gelombang otak manusia memasuki Gelombang Alpha (Tahap 1).Saat mulai tertidur, gelombang otak yang semulanya Alpha menjadi Tetha (Tahap 2).

Pada saat manusia itu tertidur dengan kepulasan, gelombang otaknya menjadi Delta (Tahap 3 dan 4 ). Ketika melewati jam pertama tidurnya sekitar 80 menit, pola gelombang pada tahap pertama kembali aktif, tetapi manusia tersebut tetap dalam kondisi tidur dan diikuti dengan gerakan mata yang cepat atau REM (Tahap 5). Tahap tersebut saling berganti satu sama lain sepanjang malam saat kita tidur.

Tahap REM terjadi sekitar 10 menit. Mimpi lebih sering terjadi sepanjang tahap tidur REM. Biasanya tahap 1,2,3,4 itu disebut juga tahap NON REM, itulah yang terjadi selama 80 menit, lalu berganti menjadi REM dan terjadi sekitar 10 menit. Pergantian itu akan terus terjadi selama 3 sampai 6 kali semalam. Maka dari itu, terkadang dalam tidur kita dapat memimpikan banyak hal.

7 Rahasia mimpi yang jarang diketahui oleh orang

Setiap umat manusia yang ada di bumi pasti pernah merasakan yang dinamakan dengan "Mimpi". Baik Mimpi yang indah, Mimpi buruk, Mimpi Contekan (Haha,Just kiding), Mimpi masa depan atau mimpi-mimpi yang lainnya. Berikut ini 7 rahasia mimpi yang orang jarang ketahui:

1. Lumpuh Sementara Saat Bermimpi


Tahukah Anda, Anda akan lumpuh sementara saat bermimpi. Tidak banyak dari kita tahu kita akan menjadi lumpuh sementara saat bermimpi.


Hal ini bisa saja terjadi karena saat tidur dan bermimpi, otak seakan berkonsentrasi penuh pada mimpi yang Anda alami. Selain itu, hal ini terjadi untuk membatasi kemungkinan Anda melukai diri Anda sendiri atau orang lain saat bermimpi menyeramkan.

2. Anda dapat Mengontrol Mimpi


Wah, film inception bisa jadi kenyataan ini ya? Hal ini disebut dengan nama "Lucid Dreaming". Lucid dreaming ini sendiri berarti manipulasi mimpi. Anda bisa mengontrol mimpi Anda ataupun orang lain.
Kalau Anda memeliki keahlian khusus untuk masuk ke pikiran seseorang, pasti Anda bisa muncul dalam mimpi orang tersebut. Contoh gampang saja Ladies, Anda akan bermimpi tentang orang yang Anda pikirkan atau saat merindukan seseorang bukan? Kalau Anda tidak memikirkan mereka, mereka tidak akan mucul dalam mimpi Anda
.

3. Mimpi akan Mempengaruhi Anda di Dunia Nyata


Yang ini pasti kerap kali Anda rasakan. Apa yang Anda rasakan di mimpi akan terasa di dunia nyata pula. Maksudnya?
Apakah Anda sering bermimpi merasa haus? Saat Anda bangun pun Anda akan merasakan haus yang teramat sangat. Atau Anda mimpi salah satu anggota keluarga Anda meninggal. Pasti saat bangun, air mata dan kesedihan akan Anda rasakan bukan?

4. Anda akan Sangat Sulit Mengingat Mimpi



Seringkali saat bangun Anda akan gagal mengingat mimpi apa Anda semalam. Hal ini ternyata wajar terjadi Ladies.
Hampir semua orang akan susah mengingat mimpi mereka semalam. Mungkin Anda hanya akan ingat selama beberapa menit, tapi saat akan menceritakannya ke orang lain, Anda akan kesulitan mengingat mimpi.

5. Beberapa Orang Hanya Bermimpi dalam Hitam Putih



Pasti saat bermimpi kita tidak sadar bahwa kita seakan sedang hidup di dunia lain yang seharusnya berwarna seperti kehidupan nyata. Anda akan melihat warna hijau, merah, atau apapun saat bermimpi. Tapi ya itu, seringkali kita tak sadar akan hal ini.

Namun, beberapa orang hanya mengalami mimpi dalam warna hitam dan putih. Biasanya mimpi yang keluar dalam hitam putih adalah mimpi di mana Anda tergesa-gesa saat itu. Misalnya mimpi terlambat kerja atau sedang dikejar hantu.

6. Mimpi pada Orang Buta


Orang yang mengalami kebutaan sejak lahir pasti tak akan pernah melihat keindahan dunia. Orang buta pun bisa saja bermimpi. Apa yang mereka mimpikan ya? Ternyata Ladies, orang yang buta hanya bermimpi tentang bau, bunyi, atau sentuhan.

7. Binatang juga Bermimpi



Siapa yang sangka, ternyata hewan terutama mamalia juga bermimpi lho.Sepertinya hewan memang bermimpi. Perhatikan kucing atau anjing Anda saat sedang tidur. Pasti sesekali matanya tampak kedutan dan cakarnya bergerak-gerak, seolah-olah hewan tersebut sedang berlari mengejar sesuatu. Ada juga kucing yang sedang tidur, tiba-tiba mengeong keras seolah-olah sedang marah. Mungkin sedang mimpi buruk dikejar-kejar anjing.

Dr. Matthew Wilson dan Kenway Louie dari Massachusetts Institute of Technology melakukan penelitian menggunakan empat tikus. Mereka menanam elektroda mikro ke hipokampus, bagian otak yang berhubungan dengan proses memori, keempat tikus itu. Lalu mereka mengamati pola-pola gelombang otak yang dihasilkan oleh neuron atau jaringan syaraf yang dipasangi elektroda. Lalu apa yang mereka impikan?

Sekian penjelasan mimp yang saya himpun dar beberapa sumber. Semoga membantu sobat Blogger semua :)

Sumber: Google

22 comments:

  1. Bicara seputar mimpi, saya pernah membaca tentang lucid dream, tahap sebelum seseorang bisa mengendalikan mimpinya. Btw, info yang menarik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 gan terima kasih telah berkunjung ya :)

      Delete
  2. Replies
    1. Iya jg kita mimpi gak langsung molor aja ya gan tapi ada langkah demi langkash sampai tahap terdalam

      Delete
  3. no 1 bener banget apalagi kalo udh ngimpi iykwim haha

    ReplyDelete
  4. no 1 bener banget apalagi kalo udh ngimpi iykwim haha

    ReplyDelete
  5. berarti mimpi masih ada hubungan dengan dunia nyata ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti karena kinerja otak kita, agan jg pernah kan mimpi seseorang yang baik di mimpi dia baik jg. itu karena secara tidak sadar otak kita membuat mimpi dari kehidupan kita, tapi terkadang mimpi itu jg petunjuk dari yang diatas

      Delete
  6. Wah keren tuh yang lucid dream. Enak kayaknya kalo bisa gitu. Bisa ngapain aja. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Film Sponge bob tuh kocak.hehe.ya bisa aja gan.tapi terkantung seberapa kuat orang yang kita pgn mimpikan di pikiran bawah alam sadar kita

      Delete
  7. Kalo lucid dream bgaimana? Kn bnyk fenomena mimpi kayak gtu!
    Besok ane angkat tema lucid dream diblog ane hahaha thx gan

    ReplyDelete
  8. Kalo lucid dream bgaimana? Kn bnyk fenomena mimpi kayak gtu!
    Besok ane angkat tema lucid dream diblog ane hahaha thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucid dream tercipta karena sesorang itu amat memikirkan sesuatu atau terlalu kagen sm sesorang. Maka id dapat memimpikan itu sesuai yang diharapkan. Sm2 gan

      Delete
  9. Bner bgt tuh poin"a..

    Hewan jga bsa mimpi ya gan..

    ReplyDelete
  10. Semoga selalu mimpi yg indah indah aja deh

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)