Saturday, 30 September 2017

CCTV Canggih Siap Menyambut Asian Games 2018 di GBK

Jakarta, On The Spot Lovers Selamat Siang Sobat OTS Lovers, kali ini saya akan membahas sedikit tentang GBK (Gelora Bung Karno) yang berbenah jelang ASIAN Games 2018 di Indonesia khususnya di Palembang dan Jakarta. Perubahan Insfrastruktur GBK pun diperbaharui seperi kursi penonton, Lampu penerangan dal hal lainnya. Serta sistem keamanan GBK pun diperbaharui.

SUGBK [Source]
Direktur Utama pengelolaan GBK , "Winarto" , mengatakan 6 (enam) venue di GBK memiliki standar Internasional sesuai dengan mandat Asian Games 2018 termasuk sistem keamanannya.

Khusus pada SUGBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno) akan dilengkapi kamera pemandu (CCTV) hasil kerja sama dengan pihak negara Jepang, dengan kontrak senilai USD 4.000.000,- (setara dengan Rp 53,6 Milyar). CCTV tersebut bisa merekam sekaligus mendeteksi aktivitas penonton dan merekam detail wajahnya.

" Orang yang masuk ke Gelora Bung Karno kan tentu berjumlah ribuan nantinya. Nah, kamera CCTV ini bisa fokus ke semua wajah masing-masing orang. Sehingga , ketika ada pelaku kejahatan bisa langsung terdeteksi," Kata Winarto . Ketika ditemui Detik Sport di gedung PPK GBK, Senayan.

"Sistem ini juga tersambung langsung dengan data base dari detasemen khusus 88. Sehingga jika ada teroris kemudian kamera akan mencocokannya dengan data yang dimiliki server densus 88, Jika cocok maka Alarm peringatan akan berbunyi.," ujar dia kemudian.

Kecanggihan CCTV ini tidak hanya merekam wajah per orang , kamera CCTV ini juga dapat merekam atau mendeteksi barang atau wujud yang tidak bergerak. Jadi, jika ada barang yang tertinggal kamera CCTV akan memberikan tanda khusus. "Misalnya tas tanpa pemilik . Kamera CCTV ini dapat mendeteksi bahwa ada barang yang tercecer atau terjatuh (tertinggal). Alarm juga berbunyi jika ada barang yang mencurigakan karena normalnya semua barang bergerak. Sehingga, orang tahu bahwa ada barang yang mencurigakan ," Winarto menjelaskan.

Pak Winarto mengatakan alasan di fokuskan ke SUGBK, karena pihaknya memberikan perhatian ekstra untuk acara pembukaan dan penutupan ASIAN Games 2018. "Kawasan ini adalah area sensitif," Katanya.

Selain menggunakan CCTV yang berkualitas tinggi, SUGBK akan melengkapi SUGBK dengan pengamanan 3 lapis. Salah satunya berupa kanal yang mengelilingi SUGBK. "Kami memberikan perhatian khusus terhadap pengamanan penonton. Jangan ada kejadian petasan bisa lolos ke dalam stadion seperti pada peristiwa yang terjadi baru - baru ini," Kata Winarto.

4 comments:

  1. Anti maling nih kayaknya , mantap gan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi gan pengamanan Tingkat tinggi gan. kaya di film Hollywood dan Asia

      Delete
  2. habis berapa rupiah untuk menganggarkan CCTV tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekitar 53 Milyar Rupiah gan info yang saya dapatkan

      Delete

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)