Friday, 8 April 2016

Daftar 12 Rudal Paling Canggih Mematikan Milik TNI Indonesia 2015


Daftar 12 Rudal Paling Canggih Mematikan Milik TNI Indonesia 2015


Indonesia adalah Negara yg Sangat Besar. Terdiri dari Berbagai Macam Pulau dan Lautan yg Membentang dari Sabang sampai Merauke. Menurut Data GlobalFirePower.com Jumlah Pasukan Indonesia Pada Tanggal 12 September 2015. Tercatat Sebanyak 476.000 Tentara yg Terbagi ke Dalam 3 Divisi. Yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Nah Pada Zaman Modern ini ya. Kekuataan Armada Alustista Tentu memegang Peranan yg Sangat Penting dan Ngga Terpisahkan. Berikut Sosok 12 Senjata Rudal milik Indonesia Paling Canggih saat ini 2015

1]. YAKHONT
Foto : Kapal Perang Indonesia kri-oswald-siahaan 


















Yakhont atau dengan Kode P-800 ONIKS. Saat ini adalah Rudal Paling Mematikan Milik TNI kita. Yakhont berasal dari Negara Rusia di Buat oleh Perusahaan Teknologi Militer NPO Mashinostroyeniya.

Indonesia telah memiliki dan membeli 50 Unit YAKHONT. Yang di Pasang Pada Kapal Perang Indonesia. Contohnya seperti KRI Oswald Siahaan dengan Sistem Tembak VLS (Vertical Launching System). Yaitu di Tembak Melalui Tabung Berdiri Vertical


YAKHONT hanya memiliki Panjang Tubuh 8,9 Meter aja. Ukurunnya Kecil, Namun Mampu menembak sampai sejauh 300 Km dengan Kecepatan 2.600 Km/Jam (Mach 2,6).

2]. EXOCET


    Exocet adalah Rudal buatan Ferancis dari Perusahaan MBDA. Indonesia sebenarnya Pelanggan Setia yg Gemar membeli Senjata asal Ferancis ini. Jadi inilah alasan mengapa bagi Para TNI. EXOCET udah ngga asing lagi ya. Indonesia udah berkali-kali melakukan ujicoba penembakan EXOCET. Bahkan udah banyak Kapal Perang yg Terinstall dengan EXOCET. Sebut saja Kapal KRI Nala, KRI Bung Tomo, dll.



     Tipe EXOCET yg dibeli oleh Indonesia ada 2 Kategori. Yaitu MM40 BLOCK2 dan MM40 BLOK3. Uang yg di Habiskan untuk Memborong Alustista ini Sebesar 130 Juta Euro. Untuk Kemampuannya, EXOCET mampu menembak hingga jarak 180 Km. Info detailnya, Teman Teman bisa menonton Video Youtube di atas Tersebut ya.

3]. ASTROS II


















Jika Pada Poin Pembahasan 1 dan 2 diatas Berbasis Lautan. Maka ASTROS II berbasis Angkatan Darat. ASTROS adalah Singkatan dari Artileri Saturasi Rocket System). Yang di Buat oleh Negara Brazil dari Pabrikan Avibras.

ASTROS sebenarnya adalah Penembak Roket untuk Menghancurkan Bangunan, Benteng Pertahanan dan Konvoi Tank dari Musuh. Tipe yg dibeli dan di Pilih oleh Presiden Susilo Bambang Yudhono. adalah Jenis Tipe ASTROS II MK 6. Yang mampu Menembak Bangunan dan Tank Musuh dari Jarak 85 Km.

Sebagai Informasi. Indonesia Telah Membeli 36 Unit, Beberapa Pesanan udah Sampai ke Indonesia. Namun Beberapa yg Lain masih Sedang dalam Perakitan di Brazil.

4]. RHAN 122


RHAN 122 adalah Asli Senjata Roket Buatan Karya Anak Bangsa Indonesia. Ia dibuat oleh Lembaga Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia. Yang di Bantu oleh PT PINDAD, PT DIRGANTARA INDONESIA, PT Krakatau Steel, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ITB, UGM, ITS, Universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas Suryadharma.

Indonesia diketahui sudah memiliki 50 Unit Roket ini. Kemampuan utamanya adalah mampu menembak hingga jarak 15 Kilometer.

5]. RX-550

RX adalah Singkatan dari Rocket eXperimental buatan Indonesia melalui Karya Anak Bangsa Indonesia. Jadi Lambang X (eXperimental) masih dalam Tahap Percobaan. 1 Unit RX-550 berharga sekitar Rp 5 Miliar. RX-550 adalah Pengembangan dari Berbagai Jenis Rocket milik Indonesia yg udah di Mulai Sejak Tahun 1987-2015. Dari Pengembangan RX-100, RX-250, RX-320, RX-420 dan RHAN 122.

Beberapa Situs Berita di Indonesia mengatakan Kemampuan “RX-550” mampu menembak hingga jarak 600 Km dengan Kecepatan 7.000 Km (Mach 7) dan udah dilengkapi dengan Pandu Laser dengan Kemampuan Penguncian Target mengikuti Sasaran Musuh. Walaupun data yg dirilis ini agak meragukan ya. Tinggal Bagaimana kita bisa menyimaknya saja.

RX-550 Kemungkinan besar baru ada 1 Unit di Indonesia. Pada Masa Pemerintahan Jokowi. Belum Lagi Terdengar Kabar Tentang Pengembangan Alustista Rocket Indonesia ini. Kita tunggu saja berita Kelanjutannya deh.

5]. 9M113
















Menurut data Wikipedia. Negara Paling Banyak Membeli 9M113 adalah India. India diketahui membeli hingga Sebanyak 15.000 Unit Rudal ini. Oh ya hampir Lupa nih. 9M113 atau bisa disebut juga AT-5 SPANDREL adalah Rudal Penghancur Tank buatan Uni Soviet. (Sekarang Namanya Rusia).

AT-5 Biasanya di Pasang Pada Tank-Tank. Kemampuannya adalah mampu Menembak Tank Musuh atau Kendaraan Musuh dari Jarak 4 Km. Sayangnya, Alat ini udah Ketinggalan Zaman. Tapi Tetap Masih di Gunakan oleh Indonesia.

6]. Aim-9P4
















Aim-94 adalah Rudal Khusus untuk Penembak Pesawat tempur Berawak. Seperti digunakan untuk Pesawat Hawk, F-5 Tiger, Pesawat F-16, Pesawat Sukhoi, dll. Sayangnya secara Teknologi, Rudal ini udah Ketinggalan Zaman dan Indonesia masih menggunakan satu-satunya.

AIM-94 dibeli dari Amerika Serikat. Mampu Mendeteksi dan Memburu Panas dari Mesin Pesawat-Pesawat Musuh dari Pihak Lain dan Menghancurkan dari Jarak 17 Km. Sampai Saat Artikel ini saya Tulis kepada Anda. Amerika memiliki Varian Senjata Rudal Pesawat yg Lebih Canggih dan Lebih Terbaru dan Mampu Menembak ke Belakang. Varian Terbaru Tersebut adalah AIM-9 SIDEWINDER. Indonesia diketahui Sedang dalam proses untuk membeli senjata Terbaru ini dari AS.

Jika AS menolak untuk Penjualan AIM-9 SIDEWINDER. Maka Terpaksa Indonesia bertahun-tahun di masa depan tetap menggunakan AIM-94. karena sangat sulit untuk mencari Pengganti dari Negara Lain yg Lebih Berkualitas nan Hebat Selain dari Amerika Serikat. Satu-Satunya Harapan adalah Belas Kasihan Amerika Serikat dalam menjual Senjata ini.

7]. AT-9 SPIRAL 2
















AT-9 Biasanya di Install Pada Helikopter Jenis Mi-35. Di gunakan sebagai Penghancur Tank, Pelibas Konvoi Kendaraan Militer, Pembom Bangunan, Penghancur Rumah, Penghancur Kubu Perlindungan, dan Juga Bisa Menghancurkan Sesama Helikopter atau Pesawat Drone, UAV, dan juga mampu memanggang Pasukan Darat Karena AT-9 dilengkapi Hulu Ledak Thermobaric yg mampu menghasilkan Gelombang Ledakan Panas yg Lebih Lama.

AT-9 berasal dari Rusia (Uni Soviet) Buatan KBP Instrument Design Bureau. Selain AT-9. Indonesia juga membeli Rudal PARS-3 dari Eropa. Umumnya, AT-9 mampu menembak hingga jarak 8 Km.

8]. STARTSTREAK

Startstreak dibeli dari Negara Inggris. Buatan dari Perusahaan THALES AIR DEFENCE. Startstreak merupakan Penghancur Tank, Mobil Musuh, dan Juga Mampu Menembak Helikopter, Drone dan Pesawat Musuh yg Terbang Rendah di Jarak Jangkauan 7 Km. Ia di Pandu dengan Kemampuan Penguncian Sasaran dengan Laser dan dipandu menggunakan ControlMaster200 Radar dan Systems Weapon.

Kecepatan Rudal Startstreak berada di Kisaran 3.500 Km/Jam dengan Daya Ledak yg Besar. Belum diketahui ada berapa unit TNI membeli Senjata buatan Inggris ini. 

9]. GROM















Hampir Sama dengan STARTREAK. Grom juga memiliki kemampuan yg sama dengan Poin 8. Namun bedanya Grom dibuat oleh Negara Polandia. Tetapi Jangkauan Tembaknya Lebih Kecil. Hanya 3,5 Kilometer saja. GROM biasanya di Pasang diatas Kendaraan Militer Indonesia. TNI membeli GROM sebanyak 155 Unit.

10]. RBS70

RBS70 dibeli dari Swedia yg dibuat oleh Perusahaan SAAB BOFORS DYNAMICS. Mampu Menembak Jatuh Pesawat Drone, Helikopter, dan Pesawat Berawak yg Terbang Rendah di Kisaran Jangkauan 8 Km.

TNI AD membeli dan memborong RBS70 sebanyak 45 Unit.

11]. MISTRAL

Mistral berasal dari Negara Ferancis dari Perusahaan Teknologi Militer MBDA. Ia memiliki kemampuan menghancurkan dari Jarak 6 Km. Daya Ledaknya Menggunakan High Explosive Density Tungsten Balls.

12]. QW-3

Dan yg Terakhir adalah QW-3 Buatan Negara China. TNI memesan 1 Unit QW-3 Seharga Rp 1 Miliar Rupiah. Jika di Total. TNI Telah Memesan 100 Unit QW-3 Seharga Rp 100 Miliar.

QW-3 Memiliki Kemampuan menembak hingga jarak 8 Km dengan Kecepatan Supersonik. Bentuk QW-3 Umumnya seperti Batang Bambu dan Ia Ringan Banget. Sehingga Mudah di Genggam oleh Tentara TNI. GBU

Sumber: Rudal

12 comments:

  1. Mudah-mudahan dengan adanya alat canggih seperti itu bisa memungkinkan untuk mempertahankan bangsa dari penjajahan, pengkhianatan, maupun yang lainnya. Karena hakikatnya, Indonesia tanpa pertahanan pasti akan mudah dikuasai. Jadi saya ikut berbangga hati dengan adanya alat-alat tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti. Yang paling penting adalah rakyatnya harus bersatu membuat negara ini aman dan nyaman. karena secanggih apapun peralatan militer yang dipunya kalau rakyatnya tidak bahagia jg percuma. Kaya Afganistan. Krn kekuatan rakyat adalah terbesar bkn skdar militer

      Delete
  2. Ini yang buat indonesia / impor dari negara lain gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. RHAN 122 dan RX-550 itu rudah asli Ind gan. dan untuk RX-550 blm punya hulu ledak karena lebih diprioritaskan untuk peluncuran satelit dalam negeri suatu saat gan

      Delete
  3. Sebenarnya rudalnya itu udah lumayan canggih semoga dapat dimanfaatkan dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan tapi saya sangat berharap INd bisa mengembangkan rudah RX-550 menjadi rudal hulu ledak jarak jauh.biar bisa membentengin diri dari serangan luar

      Delete
  4. KALAU DITOTAL RUDAL YANG DIPUNYAI INDONESIA GAK ADA 1000 BIJI, MENYEDIHKAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya anggaran prajurit dan penfukungbya jg bnyk mungkun jika anggaran dutambahkan bisa beli lbh bnyk

      Delete
  5. KALAU DI HITUNG RUDAL YANG PUNYAI JUMLAHNYA GAK ADA 500 BIJI, MENYEDIHKAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smg Thn Dpn bisa membeli rudal lg gan dan jg mendanai riset Rudal dlm negeri

      Delete
  6. Indonesia kini harus mempunyai rudal pelindung udara sekelas s-400 dari rusia.di karenakan indonesia belum punya rudal jarak jauh yg bisa mendeteksi pesawat tempur siluman.semoga kedepannya bisa mempunyai rudal jarak jauh yg mumpuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini Indonesia membeli Rudal Jarak menengah Nasams. Semoga saja nanti akan di pasang rudal jarak jauh ya

      Delete

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)