Sunday, 17 April 2016

Top Speed Serangga Mungil Yang Tak Terduga

Selamat Malam Sobat On The Spot Lovers, Kali ini saya akan membahas tentang Top Speed Serangga Mungil yang tak terduga. Jika serangga dibandingkan kita sebagai manusia yang tingginya 170cm, maka kita akan terkejut berapa kecepatan puncak (top speed) yang bisa diraih oleh lalat. Pesawat tempur pun bisa kalah. Sudah tidak ada alasan untuk pilot berbangga diri. Pesawat hanya alat, bukan anggota tubuh. Mari Kita liat penjabarannya sebagai berikut:

1. Dragonfly/ Capung

Nama Latin Capung: Anax parthenope
Sumber: Capung [Source]
PanjangBobotTop speed (terbang)Rasanya seperti
10cm1g29km/h493km/h
Capung atau sibar-sibar dan Capung Jarum adalah kelompok serangga yang tergolong ke dalam bangsa Odonata. Kedua macam serangga ini jarang berada jauh-jauh dari air, tempat mereka bertelur dan menghabiskan masa pra-dewasa anak-anaknya. Namanya dalam bahasa daerah adalah papatong (Sd.), kinjeng (Jw.), coblang (Jw.), kasasiur (bjn), tjapung
Capung (subordo Anisoptera) relatif mudah dibedakan dari capung jarum (subordo Zygoptera). Capung umumnya bertubuh relatif besar dan hinggap dengan sayap terbuka atau terbentang ke samping. Sedangkan capung jarum umumnya bertubuh kecil (meskipun ada beberapa jenis yang agak besar), memiliki abdomen yang kurus ramping mirip jarum, dan hinggap dengan sayap-sayap tertutup, tegak menyatu di atas punggungnya.

2. Horse-fly (Lalat Kuda)


Bahasa Latin Lalat Kuda: Hybomitra hinei
Lalat Kuda [Source]
PanjangBobotTop speed (terbang)Rasanya seperti (WOW)
4cm12mg145km/h6162.5 km/h
Lalat Kuda adalah jenis serangga yang berasal dari subordo Cyclorrapha ordo Diptera. Secara morfologi lalat dibedakan dari nyamuk (subordo Nematocera) berdasarkan ukuran antenanya; lalat berantena pendek, sedangkan nyamuk berantena panjang. Lalat umumnya mempunyai sepasang sayap asli serta sepasang sayap kecil yang digunakan untuk menjaga stabilitas saat terbang. Lalat sering hidup di antara manusia dan sebagian jenis dapat menyebabkan penyakit yang serius. Lalat disebut penyebar penyakit yang sangat serius karena setiap lalat hinggap di suatu tempat, kurang lebih 125.000 kuman yang jatuh ke tempat tersebut.
Lalat sangat mengandalkan penglihatan untuk bertahan hidup. Mata majemuk lalat terdiri atas ribuan lensa dan sangat peka terhadap gerakan. Beberapa jenis lalat memiliki penglihatan tiga dimensi yang akurat. Beberapa jenis lalat lain, misalnya Ormia ochracea, memiliki organ pendengaran yang sangat canggih.
Terdapat kira-kira 4,500 spesies lalat dikenali di seluruh dunia, lebih 1000 dalam genus Tabanus.

3. Housefly (Lalat Rumah)
Bahasa Latin Lalat Buah: Musca domestica
Lalat Buah [Source]
PanjangBobotTop speed (terbang)Rasanya seperti
1cm12mg7.2km/h1232.5km/h
Housefly (disebut juga lalat rumah, atau lalat umum), Musca domestica, adalah Diptera dari subordo Brachycera. Ini adalah yang paling umum dari semua lalat dalam negeri, terhitung sekitar 90% dari semua lalat di pemukiman manusia, dan memang salah satu serangga yang paling banyak didistribusikan, ditemukan di seluruh dunia, hal ini dianggap sebagai hama yang dapat membawa penyakit serius.
4. Mosquito (Nyamuk)

Bahasa Latin Nyamuk: Aedes albopictus
Nyamuk [Source]
PanjangBobotTop speed (terbang)Rasanya seperti
1.6cm2.5g2km/h212.5km/h
Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles,CulexPsorophoraOchlerotatusAedesSabethesWyeomyiaCuliseta, danHaemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.
Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai “Mosquito”, berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kataMosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats.

5. Southern Dart (Kupu- Kupu Rumput)

Bahasa Latin Kupu-kupu Rumput: Ocybadistes walkeri
Kupu-Kupu [Source]
Rentang sayapBobotTop speed (terbang)Rasanya seperti
4cm300mg48.4km/h2057km/h
Ocybadistes walkeri atau kupu-kupu rumput, umumnya dikenal sebagai Greenish Grass-dart, Green Grass-panah, Dart Selatan, atau Yellow-banded Dart, adalah jenis kupu-kupu yang dikenal sebagai Skipper ditemukan di bagian timur dan selatan Australia, dengan satu subspesies yang ditemukan di Northern Territory . Mereka dinamai karena kecepatan bergerak mereka, kebiasaan terbangnya yang melesat. Ada lebih dari 3500 spesies yang diakui di seluruh dunia. Dan keragaman terbesar ada di daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan.


6. Brown planthopper (Wareng Cokelat)




Wareng Cokelat [Source]

Bahasa Latin Wareng Cokelat: Nilaparvata lugens
WingspanWeightTop speed (terbang)Feels like
– cm– mg80.6 km/h– km/h
Wereng coklat (Nilaparvata lugens) adalah salah satu hama padi yang paling berbahaya dan merugikan, terutama di Asia Tenggara dan Asia Timur. Serangga kecil ini menghisap cairan tumbuhan dan sekaligus juga menyebarkan beberapa virus (terutama reovirus) yang menyebabkan penyakit tungro). Kumbang lembing memakan wereng dan anaknya sedangkan sejumlah lebah berperan sebagai pemangsa telurnya. Pemangsa alami ini dapat mengendalikan populasi wereng di bawah batas ambang populasi wereng terutama musim tanam dengan jumlah hama sedikit sehingga mencegah berjangkitnya virus utama.

7. Hawkmoth (Sphingidae) / Ngengat

Bahasa Latin Ngengat: Macroglossum stellatarum
Ngengat [Source]
Rentang sayapWeightTop speed (terbang)Feels like
10 cm– mg53.5 km/h– km/h
Sphingidae adalah keluarga ngengat (Lepidoptera), umumnya dikenal sebagai ngengat elang, ngengat sphinx dan hornworms, yang mencakup sekitar 1.450 spesies. Perut ramping adalah adaptasi untuk penerbangan cepat. Mereka dapat terbang dengan kecepatan 5.3 m/s (12 miles per hour).

8 comments:

  1. jadi pencinta serangga nih, lumayan lah buat pengetahuan

    ReplyDelete
  2. pecinta serangga nie kayaknya ..
    sampai sedetail itu ..
    keren deh gan ..
    ane jadi tau masalah serangga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya samaw Gan, terima Kasih sudah berkunjung ya

      Delete
  3. keren gan blognya, kontennya unik-unik

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)