Tuesday, 26 September 2017

Koding Anti Copas Blogger Berbagai Cara

Jakarta, On The Spot Lovers Selamat Pagi sobat OTS Lovers, saya akan membahas tentang koding anti copas (Copy paste/Plagiat) oleh user blog atau website sobat. Koding menggunakan anti copas pun menjadi pilihan ampuh untuk melindungi konten atau artikel anda dari kegiatan pencurian data terlebih lagi data yang telah di salin , terutama tidak ada sama sekali sumber yang menyatakan bahwa isi kontent itu berasal dari blog atau website pihak lain. 
Anti Copas [Source]
Koding anti copas ini terdiri beberapa tingkatan dalam pengamanan seperti mematikan fungsi klik kanan mouse ( disable right click), dan juga bisa mematikan fungsi CTRL+C, disable select text  bahkan bisa menonaktifkan CTRL+P sehingga data isi konten tidak bisa di print oleh user kita. Berdasarkan penjelasan saya di atas pengamanan terdiri dari 4 level. Mulai dari level "kurang aman", level "aman", level "lebih aman", hingga level "sangat aman".

Namun selalu ada user yang tidak suka dengan anti copas karena mereka tidak bisa menyalin misalnya digunakan dalam tugas kuliah atau tugas lainnya. Penggunaan anti copas yang sangat protektif pun dapat menurunkan jumlah visitor blog atau website sobat. Tapi sobat tidak usah khawatir karena anti copas ini terdiri dari beberapa tipe pengaman yang jika sobat masih ingin berbagai pengetahuan dengan sesama,sobat bisa pakai pengaman yang tipe ke satu atau kedua. Sehingga pengguna atau sobat sebagai owner tidak merasa dirugikan.

Berikut ini berbagai cara anti copas pada Blogger:

1. Kode Anti Copas Blogger Tipe 1
Kode anti copas blogger ini berfungsi untuk mematikan fungsi klik kanan , sekaligus akan memunculkan pesan peringatan dari anda sobat blogger.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pertama tentunya sobat log in akun blogger sobat,
2. Setelah memasuki blogger, sobat pilih Lay Out/ Tata letak
3. Klik Add Gadget, Pilih "JavaScript/HTML"
4. Copy + Paste Koding yang berada di bawah berikut ini:
<script> var message="Hayo...! Mau copas ya? Boleh, tapi cantumkan sumber!";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

5. Klik Save/ Simpan
*) Perhatikan huruf yang berwarna Biru pada kotak di atas dan anda bisa mengganti tulisan tersebut menurut anda. kode ini masih memungkinkan "Select Text" dan juga CTRL+C (Copy). Yang dapat diartikan Blog sobat masih bisa dicopas tetapi akan muncul pesan peringatan untuk mencantumkan sumbernya jika ingin mencopi konten blog sobat.


2. Kode Anti Copas Blogger Tipe 2

Kode berikut ini lebih tinggi pengamananny dari koding anti copas blogger yang di atas. Kode yang akan saya bahas ini benar-benar akan mematikan fungsi klik kanan sama sekali. Namun Konten Blog kita masih bisa di copy yaitu dengan cara CTRL+P(Print) . Di sini sang pengcopi bisa melakukan salinan konten kita dengan select text  dan "Copy" di tulisan / konten blog sobat.


Kodenya ada di bawah ini, cara memasangnya seperti cara no 1 di atas:

<script language='JavaScript1.2'>
function disableselect(e){
return false
}
function reEnable(){
return true
}
document.onselectstart=new Function ("return false")
if (window.sidebar){
document.onmousedown=disableselect
document.onclick=reEnable
}
</script>

3. Koding Anti Copas Blogger Tipe 3
Kode berikut ini akan berfungsi untuk menyembunyikan isi konten atau tulisan di blog sobat saat blog sobat kita CTRL+P(Print) user/ pengguna. Maka akan blank atau tidak terlihat apa pun., Sehingga tentu saja mereka tidak bisa melakukan copas terhadap blog sobat.

Caranya sedikit berbeda dari ke dua cara di atas. Langkah memasang koding anti copas tipe 3 adalah sebagai berikut:

1. Log in Akun blogger sobat
2. Jika sudah memasuki halaman pengaturan blog sobat, Pilih / Klik "Template",
3. Pilih Edit Template, cari kode </body> (terletak di paling bawah bagian template blog sobat, atau bisa dipermudah dengan menekan CTRL+F(Finding) ketik tulisan yang sobat ingin cari.tekan enter maka akan terlihat dimana letak tulisan yang sobat cari.
4. Copy dan paste koding berikut ini tepat diatas kode </body>

<style type="text/css" media="print">

    * { display: none; }

</style>



4. Koding Anti Copas Blogger Tipe 4

Koding anti copas konten blogger sobat tipe ini adalah "perlindungan total" Semua fungsi copas dimatikan , baik klik kanan maupun CTRL+C , CTRL+U, CTRL+P.



Langkah cara memasang koding anti copas tipe 4 adalah sebagai berikut:

1. Log in ke akun sobat blogger,
2. Klik "Template", 
3. Klik Edit HTML/Template",
4. Cari koding <body>, untuk mempermudah gunakan CTRL+F,
5. Ganti Kode <body> dengan kode dibawah ini:

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>



5. Koding Anti Copas Blogger Tipe 5

Kode anti copas ini berguna khusus untuk posting atau halaman tertentu saja di blog sobat.
Jika sobat hanya menginkan anti copy paste dan disable klik kanan ini deterapkan pasa posting tertentu atau di halaman statis tertentu pada blog sobat , maka caranya adalah sebagai berikut ini:
1. Selesaikan tulisan post sobat,
2. Jika sudah selesai menulis postingan , Klik Mode HTML.
3. Copas  Kode di bawah ini tepat di atas postingan blog sobat:

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'/>
4. Klik Publish/ publikasikan.

Demikian Koding anti Copas Blogger yang saya sampaikan. Semoga berguna bagi pembaca :) Salam Blogger

2 comments:

  1. makasih buat koding anti copasnya gan, yang nomor 5 ane butuh banget buat lindungin karya sastra ane hehe

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)