Thursday, 7 September 2017

Kenapa Ketika Bersin Mata Kita Tertutup?

Jakarta, On The Spot Lovers Selamat siang sobat Blogger, Pernahkah anda bertanya kenapa saat anda bersin mata anda akan menutup secara otomatis? atau anda tidak menyadarinya secara langsung? Iya. Ternyata tindakan itu ada penyebabnya bukan karena kebiasaan kebanyakan orang. Penyebab dari bersin itu sendiri bermacam-macam,seperti terkena debu, alergi terhadap sesuatu, atau sedang flu.

Kenapa Bersin Mata kita tertutup? [Source]

Dalam istilah kedokteran atau medis menyebutkan bahwa bersin adalah "Stemutatory Refleks" yaitu suatu refleks yang membuat seseorang bersin . Bersin merupakan kegiatan positif karena memiliki fungsi atau kegunaan sebagai pembersih faring (rongga antara hidung, mulut, dan tenggorokan kita).

Meski terlihat sederhana dari luar ternyata bersin merupakan tindakan tubuh yang rumit. Secara teknis bersin dihasilkan dari adanya kontak dengan iritasi di mukosa hidung sehingga merangsang syaraf Trigeminal . Nantinya bisa merangsang pons dan meddullai di otak yang pada gilirannya memicu rekasi tambahan pada tubuh manusia.

Selama kita bersin , seperti yang dikutib oleh Theregister.co.uk , Jumat 27 Agustus 2010 akan terjadi stres yang luar biasa pada tubuh. tekanan udara yang penting terletak pada organ mata kita. 

Saat kita mengeluarkan bersin implus atau rangsangan akan berjalan melalui wajah seseorang yang menyebabkan kelopak mata kita menutup ataupun berkedip. respon ini pun dikeluarkan secara otomatis oleh syaraf mata kita atau tidak bisa dikontrol.

Saat seseorang bersin , maka lendir atau benda-benda asing yang berada di rungga mulut ataupun rongga hidung akan keluar dengan kecepatan yang cukup fantastis yaitu 161 Km/jam . Oleh karena itu disarankan jangan menahan bersin ketika bersin mau terjadi karena ada bahaya tertentu yang terjadi dengan menahan bersin tersebut

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)