Sunday, 2 July 2017

Proyek Jet Semi Stealth IFX/KFX Indo-Korsel

Jakarta, On The Spot Lovers Selamar Siang Sobat On The Spot Lovers sebagian dari kalian pasti mengetahui Jet Tempur yang dibuat bersama Ina dan Korsel. Pesawat Jet tempur ini dinamai IFX/KFX. KFX sendiri singkatan dari Korean Fighter X-Perimental dan IFX singkatan dari Indonesian Fighter X-Perimental. 

Pesawat Tempur semi siluman

Proyek Jet Tempur semi Stealt/ Siluman sesuai rencana DPR gelar rapat dengan Kemenhan Indonesia diharapkan kelak dapat mengembangkan pesawat tempur dari proses alih teknologi ini.  Proyek pesawat tempur IFX/KFX ini merupakan pesawat tipe generasi 4.5 antara Korea Selatan dengan Pemerintah Indonesia telah berjalan sesuai rencana. Kejelasan itu didapatkan ketika Ketua Parlemen Korea Selatan Chung Sye Kyun mengunjungi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada Kamis (12/1)

"Dengan kedatangan dari delegasi Parlemen Korea Selatan akan memulai lagi proses pembuatan Prototipe Pesawat jet temput itu sehingga bisa diselesaikan. Ujar anggota Komisi 1 DPR " Dave Akbarshah" -Minggu 15/1."

Sebelumnya penandatanganan kerja sama dua negara ini dilakukan pada tahun 2010. Namun dulu dulu secara sepihak Korea Selatan menghentikan sementara Proyek tersebut pada pertengahan tahun 2015 lalu.

Dave mengatakan Proyek KFX/IFX(Korean Fighter X-Perimental/Indonesian Fighter X-Perimental) tersebut terpaksa dihentikan karena persoalan teknis yang mesti diselesaikan Korea Selatan. Kareanya , Dave bersama anggota Komisi 1 DPR lainnya akan mendata kembali  hal atau tahap apa saja yang sudah dikerjakan sebelum proyek dihentikan. "Kalau sudah ada yang terbangun  baik Blue Print atau apa , kita bisa mulai dari situ ," Tutur anak Agung laksono itu.


Hal ini katanya akan dibahas dalam rapat kerja bersama dengan pihak Kementrian Pertahanan (Kemenhan) . "Minggu depan adalah jadwal rapat dengan kemenhan dan itu akan dibahas"," Tegasnya. Sementara Dave beeharap dengan adanya kesepahaman kembali , dia berharap agar kali ini proyek jet tempur ini benar- benar dapat diselesaikan. " Saya harap bisa sesegera mungkin karea Korea lagi mengalami krisis politik.," Pungkas anak buah Anggota DPR tersebut.


Sebagaimana diketahui , Spesifikasi Jet tempur KFX/IFX diproyeksi memiliki radius serang lebih tinggi 50% , sistem avionik lebih baik serta kemampuan radar (Stealth) dibanding pesawat F16 atau F/A - 18. Dalam kerja sama dengan pengembangannya , Pemerintah Korea menanggung 60% Pengembangan Pembiayaan Pesawat. Sisanya Korea AeroSpace Industries (KAI) menanggung 20% dan kemudian pemerintah Indonesia berkontribusi 20% Percen. dari Kontribusi ini Pemerintah Indonesia akan mendapatkan 50 Pesawat yang mempunyai kemampuan tempur melebihi F16 sementara Korea Selatan mendapatkan 150 jenis pesawat.

Konon total biaya pengembangan selama 10 tahun untuk membuiah Prototipe pesawat IFX/KFX menghabiskan dana sebesar 6Milyar USD. Pemerintah Indonesia menyediakan atau meyiapkan dana sebesar USD 1.2Milyar . Penandatanganan kerja sama kedua negara sudah dilakukan sejak 15 Juli 2010 dan diharapkan Indonesia kelak nanti bisa membuat Pesawat Tempur buatan dalam negeri dari proses alih teknologi ini . Semoga saja ya Sobat Indonesia semakin mandiri dalam alusista :).

Informasi By: HR




Link Vidio By : Teknologi Strategi & Militer FP

2 comments:

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)