Saturday, 23 September 2017

Canggihnya Panser IFV 6x6 Pindad

Jakarta,Selamat Pagi Sobat  On The Spot Lovers , Melihat canggihnya alusista buatan bangsa bikianan PT Pindad yaitu Panser IFV 6X6 Kanon 20 MiliMeter . 


Panser IFV (Ifantery Fighting Vehicle) 6x6 yang satu ini sudah menjadi prototipe -nya sejak tahun 2014 yang lalu. meski belum mendapatkan pesanan dari Kementrian Pertahanan, ranpur(Kendaraan tempur) Produksi BUMN yaitu PT Pindad dengan julukan "Panser Canon 20 Mili meter ini cukup menarik perhatian pengujung Indonesia di Indonesia Business & Development (IBD) expo 2017 JCC Senayan. Dengan Kanon kubah 20 Milimeter , ranpur yang dibangun dari basis Anoa 2 ini dirancang sebagai penggebuk bagi satuan ifanteri mekanis.

Sebagai panser IFV , ranpur yang belum mendapat lebel resmi ini masih dapat dimuati personel Ifantery ,tak banyak memang, yakni maksimal 4 pasukan yang keluar masuknya dilakukan lewat pintu belakang. Sementara kru panser terdiri dari 3 personel , terdiri dari pengemudi dan dua personel operator yang berada di kubah. Rancangan Ranpur ini mirip dengan pindad badak 6x6 , jenis FSV (Fire Support Vehicle) yang mengusung meriam cockerill 90 Milimeter.

Tentu yang menarik perhatian dari panser canon 20 mm ini adalah kubah dan bagian larasnya. Dalam penggarapan prototipe ini . PT Pindad bekerja sama dengan Denel . Manufakture senjata dari negara Afrika selatan. Dan jenis kubah yang digunakan adalah PK20 . Dibandingkan kubah pada Ranpur pada umumnya, PK20 memang sedikit unik , pasalnya pada hatch komandan yang dilengkapi perisai (shield) pada dudukan senapan mesin 7.62 milimeter-nya.

Ibaratnya tak kenal maka tak sayang . mari kita membedah lebih dalam sosok kubah danel PK20. Bila dirujuk dari merujuk dari situs Denel ,kubah ini dikenal dengan tipe LCT20 Turret. Denel merancang kubah ini untuk dipadukan sebagai senjata utama di IFV. Sistem operasi pada kubah diawaki oleh 2 orang yang didukung kapabilitas perangkat pengheliatan siang / malam. (advanced electro optical sighting) dan pengatur jarak ke sasaran.

Selain senjata utama canon 20 mm , pada liris canon utama disematkan senjata laras mesin sedang kaliber 7,62 mm yang beroperasi secara coaxial . Bekal senjata kaliber 7.62 mm tak hanya berbentuk coaxial.tapi juga disematkan di bagian atas hatch sebelah kiri , lengkap dengan perisai anti peluru.

Pengukuran dan dan analisan sasaran sudah tersedia dalam solusi digital, seperti gunner colour display Panel, juru tembak dapat mengganti moda tembakan secara otomatis untuk penggunaan canon utama dan senjata caoxial , berikut update informasi jumlah sisa amunisi. LCT 20 Turret dapat dimuati 300 amunisi untuk canon 20 milimeter sementara itu 200 amunisi untuk coaxial gun. Beberapa perangkat canggih untuk gunner yang dibenamkan di kubah LCT 20 seperti Laser Range Finder ,Thermal Imaging Sight dan Zoomable day camera.

Dari Spesifikasinya , bobor atau berat kubah secara keseluruhan mencapai 1.550 Kilogram . Sudut Evalasi laras antara -8 hingga 37 derajat , serta sudut putar kubah mencapai 360 derajat. Untuk perlindungan , di bagian luar kubah terdapat 8 pelontar granat gas , masing- masing empat sisi di bagian kiri dan kanan panser.

Meski kubah tergolong maju , hrus diakui desain kubah measih menganut paham retro. sekilas kubah canon 20 mmdi anoa 2 tampak berdesain lawas, sedikit menginngkatkan pada kubah Tank ringan AMX-13 . Tentu besar harapan panser canon ini nantinya dapat lebih disempurnakan dan diakuisisi oleh TNI.

Spesifikasi Pindad Panser 6x6 Canon 20mm:
  • Konfogurasi 6X6
  • Panjang Body = 5.56 meter
  • Lebar kendaraan = 2.7 meter
  • Tinggi kendaraan = 2.73 meter
  • Berat = 14 Ton
  • Kecepatan maksimal = 80 km/jam
  • kapasitas BBM = 200 liter
  • Gradient = 60%
  • Slide Slope =  30%
  • Mesin : Diesel Enginein line 6 silinder 340 hp
  • Transmisi =  Otomatis
  • Komunikasi = Intercom set


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar pada blog ini, Dilarang meninggalkan link aktif, komentar yang mengandung SARA, PORNOGRAFI maupun ujaran KEBENCIAN. Salam Blogger :)